Panduan lengkap pendaftaran sbmptn 2018 tata cara dan syarat lengkapnya

Pendaftaran SBMPTN 2018-Assalamualaikum para pembaca blog kang maman. Kali ini saya akan membagikan informasi yang insha Allah sangat berguna bagi anda adik-adik yang baru akan lulus SMA. Iya biasanya setelah berakhirnya ujian nasional berbasis komputer (UNBK) maka para calon lulusan SMA ini sudah mempersiapkan bagaimana rancangan tujuan ke arah mana akan berlabuh. Apakah akan lanjut ke jenjang kuliah atau bekerja. Melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi tentu merupakan impian hampir semua lulusan SMA sederajat. Selain dapat melanjutkan ke jenjang kuliah , adik-adik juga dapat mengikut sekolah kedinasan yang disediakan pemerintah. Nah bagi adik-adik yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri harus melewati beberapa tahap ujian. Salah satunya adalah SBMPTN.

SBMPTN 2018 adalah salah satu tahap ujian yang dilalui untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Berikut penjelasannya dari laman sbmptn.ac.id

“Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan di atas, jalur penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

SBMPTN 2018 merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Nah kutipan di atas merupakan info yang saya peroleh mengenai gambaran umum sbmptn tersebut. Jadi SBMPTN ini merupakan pintu gerbang adik-adik semua untuk masuk ke jenjang perkuliahan di Perguruan Tinggi Negeri. Untuk masuk ke Peguruan Tinggi tentu tidak mudah. Apalagi dengan Perguruan Tinggi Favorit di Indonesia antara lain UI (Universitas Indonesia), UGM (Universitas Gajah Mada), ITB (Institut Teknologi Bandung), Unair( Universitas Airlangga), Undip (Universitas Diponegoro).

Persyaratan SBMPTN 2018

Sebelum mendaftar SBMPTN 2018, ada beberapa persyaratan yang harus adik-adik penuhi. Pendaftaran sbmptn sendiri dimulai tanggal 4 April hingga 27 April 2018. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Telah lulus jenjang pendidikan SMA/Paket C tahun 2016 atau 2017,dan telah memiliki ijazah
  3. Bagi lulusan SMA tahun 2018, menggunakan SKL (Surat Keterangan Lulus) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah.
  4. Sehat jasmani dan rohani.

Pendaftaran SBMPTN 2018

Setelah syarat-syarat SBMPTN terpenuhi, maka adik-adik dapat melanjutkan ke pendaftaran SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN sendiri dilakukan secara online melalui portal resmi SBMPTN pada alamat https://sbmptn.ac.id/. Selengkapnya dibawah ini :

  1. Login ke sbpmtn 2018
  2. Masukkan kode KAP dan PIN yang anda peroleh setelah melakukan pembayaran di Bank Mandiri.
  3. Lengkapi data-data adik-adik, identitasnya.
  4. Upload foto yang sesuai dipersyaratkan.
  5. Periksa kembali apakah semua data sudah terisi dan apakah semua sudah benar dan valid.
  6. Setelah semua oke cetak kartu peserta ujian sbmptn adik-adik.
  7. Kartu ujian ini akan digunakan pada saat Ujian dan pendaftaran ulang saat adik-adik diterima.

Jenis Ujian

Ada beberapa jenis ujian yang diujikan dalam SBMPTN tahun 2018 ini.

  1. Ujian Tulis dilakukan untuk semua peserta SBMPTN 2018. Adapun jenis ujian tulisnya ada dua tes yaitu tes potensi akademik dan kemampuan dasar (TKPA) tes ini ada TPA dan ilmu dasar seperti Bahasa Indonesia dan Inggris serta Matematika.  Selanjutnya ada  tes Kemampuan Dasar Saintek (untuk jurusan Sains Teknologi yang diuji fisika kimia biologi dan matematika) tes kemampuan Dasar Soshum (khusus jurusan Sosial Humaniora yang diuji mata pelajaran sosial yaitu ekonomi,sosiologi,geografi dan sejarah).
  2. Ujian Praktek ini tidak untuk semua peserta. Ada beberapa jurusan yang memiliki ujian keterampilan. Ujian keterampilan ini khusus untuk yang mengambil jurusan seni dan keolahragaan.

Kelompok Ujian

Berikut kelompok ujian pada SBMPTN 2018 :

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Biaya Seleksi

Bagi adik-adik yang ingin mendaftar, dikenakan biaya sebesar Rp. 200 ribu. Biaya ini dapat dibayarkan pada bank pemerintah yaitu BANK MANDIRI, BANK BTN dan BANK BNI.

Jadwal Ujian SBMPTN 2018

Berikut ini jadwal ujian untuk SBMPTN 2018 :

  1. Ujian Tulis (UTBC dan UTBK):

UTBC dan UTBK dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 8 Mei 2018.

  1. Ujian Keterampilan :

Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Jumat, tanggal 9 dan/atau 11 Mei 2018.

Pengumuman Hasil SBMPTN 2018

Setelah nantinya adik-adik mengikuti ujian tentu menunggu pengumumannya kan. Pengumuman sbmptn 2018 akan dilaksanakan pada hari Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Saran saya untuk adik-adik sebelum ujian sbmptn 2018 ini , silahkan banyak-banyak belajar dan berdoa. Belajar dari soal-soal dibuku, soal-soal dari pdf online. Dan juga dapat belajar kelompok bersama teman-teman kelas. Selain itu adik-adik juga mengikuti les untuk menambah kecakapan dalam menjawab soal.

Sekian artikel Panduan lengkap pendaftaran sbmptn 2018 tata cara dan syarat lengkapnya, jika dirasa bermanfaat boleh dishare ya adik-adik yang baca.

Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *